Selasa

Meminta Bantuan St. Antonius Dari Padua

Kali ini aku ingin sedikit sharing tentang pengalamanku bersama St. Antonius dari Padua.

Dulu, setiap kali aku mendengar atau membaca tentang kesaksian orang-orang yang kehilangan barangnya, kemudian minta bantuan St. Antonius, tak lama kemudian barang yang hilang itu ditemukan kembali, aku pikir itu terlalu lebay, hanya bersifat kebetulan saja. Aku juga tak terlalu percaya seratus persen jika minta bantuan doa dari Santo/a, karena masih kebawa kebiasaan dan cara berpikirku dulu, ketika aku masih jadi protestan, kalau doa langsung sama Tuhan itu hasilnya jauh lebih afdol dan cepat, karena ibaratnya langsung lewat tol. Tapi, beberapa hari yang lalu, akhirnya aku mengalami sendiri.

Aku kehilangan gelang tangan hadiah dari mami waktu aku menikah. Aku baru sadar kalau gelang itu sudah tak ada di tangan, ketika malam hari, suamiku bilang, "Sejak kapan gelangnya dilepas?"
Aku langsung pegang tanganku, dan aku baru sadar kalau gelang itu sudah tak ada lagi. Aku begitu panik, sedih dan bingung. Gelang itu memang tidak pernah aku lepas. Aku cari di seluruh rumah, di jaket, di WC, tapi tidak juga ditemukan. Aku terus berdoa dalam hati, "Tuhan Yesus tolong, jangan sampai gelang itu hilang..., tolong Tuhan, kasihanilah saya...!" Tiba-tiba aku teringat sama Santo Antonius Padua. Tanpa ragu lagi, langsung saja aku bilang, "Santo Antonius Padua, tolong bantu saya nemuin gelang itu. Bukankah kau paling ahli dalam menemukan barang-barang yang hilang? Tolong ya santo Antonius... Kalau itu memang sesuai kehendak Tuhan, biarlah gelang itu ditemukan lagi."

Besoknya aku tanya OB di kantor, dan mereka bilang tak pernah menemukan gelang yang jatuh. Aku tanya juga ke supir bis kantor, tapi jawabannya sama: tak ada gelang yang jatuh. Aku pun pasrah. Akhirnya dengan berat hati, aku memberitahu mami, dan kedengaran sekali kalau mami pun sedih, tapi dia berkata, "Ya sudahlah..., mau diapain lagi..."

Tiga hari berlalu, tapi gelang itu tetap tidak ditemukan. Suamiku juga sudah pasrah.

Waktu hari Minggu pagi, aku buka laci parfum (laci itu pasti setiap hari kubuka). Aku mengulurkan sebelah tangan untuk mengambil parfum, tapi telapak tanganku malah memegang sebuah benda bundar dan pipih, berdiri di antara sela botol-botol parfum. Jantungku langsung berhenti sesaat. Aku ambil benda itu, dan... Ternyata itu gelang yang hilang! Aku langsung mengucap syukur pada Tuhan, dan tak lupa juga berterima kasih sama santo Antonius yang telah membantu mencarikan gelang itu...

Bagiku, itu benar-benar mujizat. Gelang itu pun waktu ditemukan, posisinya seperti sudah diatur, tegak berdiri dan menonjol ke atas.

Aku sekarang yakin, kalau para santo dan santa memang turut mendoakan kita dan selalu siap sedia membantu kita...

Benar yang dikatakan suamiku, "Sungguh nikmat jadi Katolik, tim doanya seabrek!!!" :D

8 komentar:

Monic mengatakan...

Aku sendiri belum pernah rajin doa mohon bantuan Santo/a sih, baru ke Bunda Maria aja.
Padahal, kalau baca ceritamu ini, memang para Santo/a itu benar-benar bekerja untuk kita ya!
Baiklah..aku akan mulai berdoa ke Santa Monica & Santa Bernadeth sesuai nama yg kupakai untuk jadi pelindungku dan tentunya Santo/a yang sesuai dengan ujub doa kita saat ini.
Thanks sharingnya! GBU ^_^

Rachel Stefanie mengatakan...

hi Monic... Senang bs share... Jgn ragu utk meminta bantuan doa dr santa/o, krn mereka pasti dgn senang hati langsung mendoakan kita...
Kl udah mengalami hasilnya, jangan lupa ceritain lg ke aku ya...:)
JMJ bless...

Anonim mengatakan...

RAchel, cara doa kepada St. Antonius dari Padua gimana?

Daniel

Rachel Stefanie mengatakan...

Hi Daniel,

Saya juga gak hafal sama doa yang sudah disusun untuk minta bantuan kepada St. Antonius. Waktu itu aku doa spontan saja...:)

Tapi kalau Daniel mau kata-kata yang sudah disusun, bisa dilihat di Web Yesaya.

Ini aku copy paste di sini ya...

***

Santo Antonius diangkat menjadi santo pelindung barang-barang yang hilang atau pun dicuri karena pengalaman hidupnya.

St. Antonius mempunyai sebuah buku Mazmur yang sangat berarti baginya.

Dalam buku Mazmurnya itulah ia mencoretkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus.

Seorang novis (yaitu seorang biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) mulai bosan dengan kehidupan religius biara, karenanya ia memutuskan untuk
melarikan diri.

Ia pergi dengan membawa serta buku Mazmur St. Antonius!
Ketika St. Antonius menyadari bahwa bukunya telah hilang, ia menjadi sangat sedih.

St. Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa St. Antonius.

Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada St. Antonius.

St. Antonius memaafkan segala perbuatannya.

Novis itu bahkan diterima kembali di biara.

Jadi, mulai sekarang kalau kamu kehilangan sesuatu, mintalah bantuan St. Antonius dari Padua, dan tunggu apa yang akan terjadi.

Doa Kepada St. Antonius

“Terpujilah Allah bersama Para Malaikat dan Orang KudusNya”

Ya Santo Antonius yang paling lemah lembut diantara Orang Kudus, cintamu kepada Allah dan belas kasihanmu kepada makhluk-Nya, menyebabkan engkau memiliki
kekuatan mukjizat ketika masih hidup di dunia.

Mukjizat-mukjizat menanti kau ucapkan, bila saja engkau siap memohonkannya bagi mereka yang menghadapi kesukaran dan kesedihan.

Terdorong oleh gagasan ini, aku memohon darimu agar memperoleh bagiku:
………………
(permohonan diucapkan)

Jawaban untuk doaku ini mungkin membutuhkan terjadinya mukjizat, bahkan walaupun begitu, engkau adalah Orang Kudus dari banyak mukjizat!

Ya Santo Antonius yang lembut dan penuh kasih, yang hatinya senantiasa penuh simpati manusiawi, tolong bisikkan permohonanku ini ke telinga kanak-kanak
Yesus yang manis, yang amat senang berada di dalam pelukanmu; dan rasa syukur hatiku akan selalu menjadi milikmu!

Amin.
(Satu kali, kalau ada waktu tiga belas kali Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan).

monic mengatakan...

Pasti kuceritain hasilnya, Rachel, karena dari cerita tersebut berarti kita sama saja dengan mewartakan kabar baik, kan yaa...
Sip, tunggu aja kabar dariku. :D

monic mengatakan...

Sistaa...bayangin! Cuma 2 hari sejak komentar terakhirku! Hahaha.. di sini ya sis: http://ruliandri.multiply.com/journal/item/191/Kesaksian_Berkat_Santo_Antonius

Rachel Stefanie mengatakan...

Ok monic, aku langsung meluncur ke sana ya!!!

see_mom51 mengatakan...

Luar biasa!!!! Memory card sy yg hilang ketemu hanya hitungan detik stlh selesai berdoa
Puji Tuhan
Thx buat sharenya