Selasa

Meminta Bantuan St. Antonius Dari Padua

Kali ini aku ingin sedikit sharing tentang pengalamanku bersama St. Antonius dari Padua.

Dulu, setiap kali aku mendengar atau membaca tentang kesaksian orang-orang yang kehilangan barangnya, kemudian minta bantuan St. Antonius, tak lama kemudian barang yang hilang itu ditemukan kembali, aku pikir itu terlalu lebay, hanya bersifat kebetulan saja. Aku juga tak terlalu percaya seratus persen jika minta bantuan doa dari Santo/a, karena masih kebawa kebiasaan dan cara berpikirku dulu, ketika aku masih jadi protestan, kalau doa langsung sama Tuhan itu hasilnya jauh lebih afdol dan cepat, karena ibaratnya langsung lewat tol. Tapi, beberapa hari yang lalu, akhirnya aku mengalami sendiri.

Aku kehilangan gelang tangan hadiah dari mami waktu aku menikah. Aku baru sadar kalau gelang itu sudah tak ada di tangan, ketika malam hari, suamiku bilang, "Sejak kapan gelangnya dilepas?"
Aku langsung pegang tanganku, dan aku baru sadar kalau gelang itu sudah tak ada lagi. Aku begitu panik, sedih dan bingung. Gelang itu memang tidak pernah aku lepas. Aku cari di seluruh rumah, di jaket, di WC, tapi tidak juga ditemukan. Aku terus berdoa dalam hati, "Tuhan Yesus tolong, jangan sampai gelang itu hilang..., tolong Tuhan, kasihanilah saya...!" Tiba-tiba aku teringat sama Santo Antonius Padua. Tanpa ragu lagi, langsung saja aku bilang, "Santo Antonius Padua, tolong bantu saya nemuin gelang itu. Bukankah kau paling ahli dalam menemukan barang-barang yang hilang? Tolong ya santo Antonius... Kalau itu memang sesuai kehendak Tuhan, biarlah gelang itu ditemukan lagi."

Besoknya aku tanya OB di kantor, dan mereka bilang tak pernah menemukan gelang yang jatuh. Aku tanya juga ke supir bis kantor, tapi jawabannya sama: tak ada gelang yang jatuh. Aku pun pasrah. Akhirnya dengan berat hati, aku memberitahu mami, dan kedengaran sekali kalau mami pun sedih, tapi dia berkata, "Ya sudahlah..., mau diapain lagi..."

Tiga hari berlalu, tapi gelang itu tetap tidak ditemukan. Suamiku juga sudah pasrah.

Waktu hari Minggu pagi, aku buka laci parfum (laci itu pasti setiap hari kubuka). Aku mengulurkan sebelah tangan untuk mengambil parfum, tapi telapak tanganku malah memegang sebuah benda bundar dan pipih, berdiri di antara sela botol-botol parfum. Jantungku langsung berhenti sesaat. Aku ambil benda itu, dan... Ternyata itu gelang yang hilang! Aku langsung mengucap syukur pada Tuhan, dan tak lupa juga berterima kasih sama santo Antonius yang telah membantu mencarikan gelang itu...

Bagiku, itu benar-benar mujizat. Gelang itu pun waktu ditemukan, posisinya seperti sudah diatur, tegak berdiri dan menonjol ke atas.

Aku sekarang yakin, kalau para santo dan santa memang turut mendoakan kita dan selalu siap sedia membantu kita...

Benar yang dikatakan suamiku, "Sungguh nikmat jadi Katolik, tim doanya seabrek!!!" :D

22 komentar:

Monic mengatakan...

Aku sendiri belum pernah rajin doa mohon bantuan Santo/a sih, baru ke Bunda Maria aja.
Padahal, kalau baca ceritamu ini, memang para Santo/a itu benar-benar bekerja untuk kita ya!
Baiklah..aku akan mulai berdoa ke Santa Monica & Santa Bernadeth sesuai nama yg kupakai untuk jadi pelindungku dan tentunya Santo/a yang sesuai dengan ujub doa kita saat ini.
Thanks sharingnya! GBU ^_^

Rachel Stefanie mengatakan...

hi Monic... Senang bs share... Jgn ragu utk meminta bantuan doa dr santa/o, krn mereka pasti dgn senang hati langsung mendoakan kita...
Kl udah mengalami hasilnya, jangan lupa ceritain lg ke aku ya...:)
JMJ bless...

Anonim mengatakan...

RAchel, cara doa kepada St. Antonius dari Padua gimana?

Daniel

Rachel Stefanie mengatakan...

Hi Daniel,

Saya juga gak hafal sama doa yang sudah disusun untuk minta bantuan kepada St. Antonius. Waktu itu aku doa spontan saja...:)

Tapi kalau Daniel mau kata-kata yang sudah disusun, bisa dilihat di Web Yesaya.

Ini aku copy paste di sini ya...

***

Santo Antonius diangkat menjadi santo pelindung barang-barang yang hilang atau pun dicuri karena pengalaman hidupnya.

St. Antonius mempunyai sebuah buku Mazmur yang sangat berarti baginya.

Dalam buku Mazmurnya itulah ia mencoretkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus.

Seorang novis (yaitu seorang biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) mulai bosan dengan kehidupan religius biara, karenanya ia memutuskan untuk
melarikan diri.

Ia pergi dengan membawa serta buku Mazmur St. Antonius!
Ketika St. Antonius menyadari bahwa bukunya telah hilang, ia menjadi sangat sedih.

St. Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa St. Antonius.

Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada St. Antonius.

St. Antonius memaafkan segala perbuatannya.

Novis itu bahkan diterima kembali di biara.

Jadi, mulai sekarang kalau kamu kehilangan sesuatu, mintalah bantuan St. Antonius dari Padua, dan tunggu apa yang akan terjadi.

Doa Kepada St. Antonius

“Terpujilah Allah bersama Para Malaikat dan Orang KudusNya”

Ya Santo Antonius yang paling lemah lembut diantara Orang Kudus, cintamu kepada Allah dan belas kasihanmu kepada makhluk-Nya, menyebabkan engkau memiliki
kekuatan mukjizat ketika masih hidup di dunia.

Mukjizat-mukjizat menanti kau ucapkan, bila saja engkau siap memohonkannya bagi mereka yang menghadapi kesukaran dan kesedihan.

Terdorong oleh gagasan ini, aku memohon darimu agar memperoleh bagiku:
………………
(permohonan diucapkan)

Jawaban untuk doaku ini mungkin membutuhkan terjadinya mukjizat, bahkan walaupun begitu, engkau adalah Orang Kudus dari banyak mukjizat!

Ya Santo Antonius yang lembut dan penuh kasih, yang hatinya senantiasa penuh simpati manusiawi, tolong bisikkan permohonanku ini ke telinga kanak-kanak
Yesus yang manis, yang amat senang berada di dalam pelukanmu; dan rasa syukur hatiku akan selalu menjadi milikmu!

Amin.
(Satu kali, kalau ada waktu tiga belas kali Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan).

monic mengatakan...

Pasti kuceritain hasilnya, Rachel, karena dari cerita tersebut berarti kita sama saja dengan mewartakan kabar baik, kan yaa...
Sip, tunggu aja kabar dariku. :D

monic mengatakan...

Sistaa...bayangin! Cuma 2 hari sejak komentar terakhirku! Hahaha.. di sini ya sis: http://ruliandri.multiply.com/journal/item/191/Kesaksian_Berkat_Santo_Antonius

Rachel Stefanie mengatakan...

Ok monic, aku langsung meluncur ke sana ya!!!

see_mom51 mengatakan...

Luar biasa!!!! Memory card sy yg hilang ketemu hanya hitungan detik stlh selesai berdoa
Puji Tuhan
Thx buat sharenya

Anonim mengatakan...

Mohon didoakan..saya telah kecurian laptop n koleksi jam..harapan saya semoga setelah sa mengamalkan dia ni..harap ketemu semula barang2 yg relah dicuri..

rolen mengatakan...

Mlam sist.. aq udh cba doa kpda santo antonius.. wktu tdi gelang aq hilang .. itu gelang bner" bhrga bwt aq krna itu pmbrian dri clon suami aq.. dan aq cba doa di ataz.. dlam wktu 1 mnit udh kembali zma aq pdhal aq udh cri kliling rmah.. mkzih y sist ataz info'nya.. smga tuhan mmbrkti..

orang gila mengatakan...

Hp samsung android galaxy mega punya anakku hilang tgl 13 oktober 2014. Saya berdoa semoga santo antonius padua membantu menemukan kembali barang hp yg hilang.

Amelia Widjaja mengatakan...

Terimakasih kepada Santo Antonius. Karna suami saya yang kehilangan dokumen penting sudah ketemu dalam hitungan menit setelah saya berdoa dan memohon kepada Santo Antonius. Sudah ke dua kali nya saya mengalami mujizat ini. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan dan pertolongan Santo Antonius. Semoga teman yg lain mendapatkan mujizat jg. TUHAN MEMBERKATI.

Anonim mengatakan...

Pagi ini HP black berry saya jatuh/hilang pada saat mau ke kantor, saya mohon batuan doa Santo Antonius dari Padua agar orang yg menemukan BB sy diketuk hatinya untuk mengembalikan kepada saya. Terima kasih Allah Bapa Tritunggal Maha Kudus, terima kasih Santo Antonius dari Paduan. Amin.

Adhi Murti mengatakan...

Td sore anak sy kehilangan cincin di jarinya, dia memakai 2 cincin, ternyata tinggal 1, dia mengatakan tadi ketika main sepeda terlepas, dia menunjukkan sy tempat dimana dia yakinkan lepas, akhirnya saya, istri dan anak sy yg berusia 5 th mencarinya, saat mencari, sy mohon agar St.Antonius dari Padua mendoakan sy agar menemukan cincin itu, sampai hampir 1 jam kami tdk menemukan cincin tsb, akhirnya kita mrngakhiri pencarian, karena hr sdh mulai gelap, sampainya di rmh dgn murungnya anak sy msk ke kamar hendak tdr, alangkah ajaibnya, cincin itu ditemukan di plastik berisi sayur2xan oleh istri sy, ini mukzijat yg tdk tau keberapa kalinya, karena sy sangat sering kehilangan sesuatu dan minta bantuan St.Antonius Padua, benda yg sdh hilang selalu sy temukan kembali, untuk teman-teman jgn ragu untuk meminta bantuan doa kepada St. Antonius dari Padua bila sedang kehilangan sesuatu benda berharga, Tuhan Yesus Memberkati, amin.

Lena mengatakan...

aku juga pernah doa novena Santo Antonius dari Padua, waktu itu aku kehilangan Akte Kelahiranku yang aku tidak tau sejak kapan hilangnya, padahal aku simpan sudah lama di tempat arsip-arsip penting lainnya, pas butuh Akte Kelahiran kok udah tidak ada, udah raib dari tempatnya, wah bingung banget nyarinya, tanya sana sini gada yang tau, obrak abrik semua lemari, bongkar sana sini segala macam tas tetap ga ketemu jua, akhirnya aku ingat kata temanku bahwa untuk minta mukjizat untuk barang hilang bisa doa kepada Santo Antonius dari Padua, pas aku Doa, eh tiga hari kemudian...KETEMU..ternyata tempat arsipku abis dibuka-buka kakak saya waktu mau liat tanggal lahir saya dan tanpa sengaja ke bawa ke rumahnya...Puji Tuhan dan Terima kasih Santo Antonius

Devy Angeline mengatakan...

Puji Tuhan ketemuuu!! Trimakasih St. Antonius dr Padua ud bantu aku nemuin barang yg penting bgt >.< maaf aku ganggu.. mau share pengalaman ku hr ini..

Skitar sebulan yg lalu aku di kasi hadiah oleh bibi ku yaitu sebuah rosario kt nya warisan dari nenek ku.. tapi ku bilang aku blg ga usah ii aku ada dan itu mahal bgt takut ga bisa jaga barang (karna terbuat dr emas) tetapi bibi ku bilang simpan saja walau ga pakai.. jadi ku simpan di tas ku yang selalu ku bawa.. di tempat selipan yang ada seleting nya.. pas kemarin bongkar dan ingin rapihin barang di blm tas aku bru sadar seleting ku terbuka dan rosario nya hilang.. seketika itu aku cari setengah mati ga nemu.. di mobil di kamar ga nemu aku berfikir apah aku jatuhin ke tempat kuliah?? Ud malam aku msi cari di mobil pakai senter dan ga ada hasil.. akhirnya malam aku doa kpd St. Antonius dan berharap bisa ketemu pagi nya ku cari msi tdk ketemu sebelum aku turun ke toko aku coba untk berdoa rosario ala St. Antonius (13 ujud doa) dan aku ud pasrah aku turun ke toko dan bantu2.. lalu ku crita ke suster pembimbing ku suster mohon doa soalnya rosario ku hilang.. lalu suster itu bilang doa ke santo Antonius aku bilang sudah suster cuma aku bingung hrs gimana lg.. suster nya bilang yud coba cari lg sambil mohon doa ama si Santo, hening dlu tenangin hati ingat2 taro di mana.. akhirnya aku putuskan cari di mobil dlu.. aku ud cari depan sampai belakang buka laci geser geser jok mobil ga ketemu.. akhisnya aku duduk di kursi tengah dan hening sejenak dan berdoa mohon rahmat dan siap2 bilang ke mami klo rosario nya ilang dan siap2 di omelin. Sebelum ku turun dr mobil aku ngintip di sela2 jok kiri dan kanan (dekat rem tangan) di kanan ga ada tiba2 di kiri aku ngeliat ada seuatu mengkilap kuning2 trs aku tarik.. ternyata rosario yg ku cari!! Langsung aku lega bgt dan bersyukur Tuhan menciptakan St. Antonius sbg Santo yg penuh belas kasih ��

Putune Singlon mengatakan...

Kesaksian yang membuatku lebih percaya bahwa Mukjizat itu nyata dan masih berlaku sekarang !
Aku Kristen Protestan, Suatu hari aku pulang dari Gereja Kebaktian malam, dan sebelum sampai depan garasi aku mencuci mobil mematikannya terlebih dahulu, aku tidak pernah membuka kap mobil, aku hanya menyemprot 4 ban saja supaya tidak terbawa tanahnya, namun ketika aku mau memasukan mobil kunci tidak ada , aku bolak balik memikirkan segala kemungkinan dimana kalau jatuhnya, samapai larut aku tidak percaya kalo kunci itu hilang, lalu aku memutuskan untuk naik keatas dan mengambil kunci cadangan di kamar, dan aku memasukan mobil.
Selama 2 hari aku sudah lupa kehilangan itu dan aku pikir itu pasti akan ketemu, tetapi aku terkejut tatkala di calender STNK habis 2 hari lagi, dan STNK masli ada digantungan kunci yang hilang tersebut, aku memutuskan berdoa dan berdoa, samapi suatu hari aku ingan waktu SMP aku sekolah disekolah Katolik SMP Santo Michael/Cimahi, aku ingat sendiri setelah berdoa itu aku diingatkan Pastor Somers dulu ketika usia 15 tahun dia bilang kalau kehilangan sesuatu cobalah berdoa ke Santo Antonius Padua,...dan aku berdoa terus sambil berkata kata dalam hati hampir setiap 1/2 jam sekali Santo Anthonius bantulah saya menemukan kunci itu ,...itu saja dan selalu saya akhiri dalam Nama Yesus, dan .setelah kesana kemari dan menyiapkan stnk cadangan menghubungi dealer dan kepolisian , dan siap memasang Iklan, datanglah orang samsat yang membantuku untuk ngecap no mesin dan nomor rangka,.....memakai isolasi kertas,....orang itu berkata Astagafirullah Al Azim, Pa...apakah bapak menaruh kunci didalam lampu sorot depan? Hahhhh?....kunci itu ada di terselip dianatara lampu besar dengan kuatnya dan selama dua hari kunci tersebut terombang ambing dibawa ke komsel dan kepasar dan jalan cukup jauh, dan aku sama sekali tidak pernah menaruh bahkan membuka kap mobil..., masa kecilku mengingatkan aku kepada orang kudusNya, aku tidak tahu apakah ini bertentangan, tetapi yang jelas kunci itu asli telah dipegang tanganku dengan sukacita, Tiada yang mustahil bagi Yesus....0817430021.

Anonim mengatakan...

baru kejadian bbrp menit lalu. Kemarin lusa saya kehilangan amplop berisi uang yg cukup banyak. Sudah dicari ke seluruh penjuru rumah tdk ada, termasuk tempat2 lain yg mempunyai kemungkinan uang itu terselip. Saya mendaraskan doa kpd Santo Antonius dan Novena Hati Kudus Yesus. Dalam hati saya tetap mengimani jika memang sesuai kehendak Tuhan, pasti amplop itu akan ketemu. Tapi jika memang Tuhan berkehendak uang itu bkn lagi milik saya, saya mohon diberi keikhlasan hati ( dan saya yakin Tuhan akan memberi lebih krn uang itu adlh hasil dr kerja keras, bukan hasil dr merugikan org lain).
Saya mohon dlm hati sesering mungkin utk Santo Antonius membimbing arah pencarian saya dan memohon pada Bapa spy memberikan hikmat Roh Kudusnya.
Ternyata di hari kedua saja, saya temukan amplop itu di tempat yg sudah sempat dicari suami. Tidak itu saja, Tuhan berikan lebih dr yg saya punya krn Tuhan berikan amplop lain di dlm lemari yg selama ini saya tdk pernah buka. God is good!

Anonim mengatakan...

Seusai acara keluarga di rumah kami, kami kehilangan kunci remote pagar rumah. Seisi rumah telah kami geledah tetapi tidak ketemu juga. Para keluarga yang hadir juga sudah kami tanyai tetapi hasilnya nihil. Akhirnya, kira-kira 3 hari setelah kami kehilangan kunci itu, pada malam harinya saya digerakkan untuk berdoa kepada Santo Antonius, memohon semoga ditunjukkan kira-kira dimana kunci itu berada. Keesokan harinya, saya mencoba lagi mencari di sela-sela sofa ruang tamu (yang mana sudah saya bongkar sebelumnya dan saya tidak menemukan apa-apa). Sofa pertama, tidak ada. Sofa kedua, juga tidak ada. Dengan sedikit pesimis, saya bongkar sofa terakhir. Deg!!! Saya melihat kunci itu ada di bawah bantal dudukan sofa. Puji Tuhan!!! Terima kasih Santo Antonius atas doamu. Terima kasih Tuhan Yesus atas kuasa-Mu. How great is our God!!!

Bernhard Sunarto mengatakan...

Saya sangat ingin memohon bantuan ST. Antonius untuk berdoa bagi kerukunan keluarga melalui doa Novena St. Antonius Padua. Saya sudah mendapatkan teksnya, tapi tidak tahu bagaimana caranya. Ada yang mau share? Ini urgent..

Terima kasih..

Monika Odilia Primashiany mengatakan...

Bapak Bernhard, doakan saja seperti yang tertera pada text bila Bapak belum paham caranya. Doa dengan kesungguhan hati dan selalu bersyukur pada Tuhan.

Rachel Stefanie mengatakan...

Aku baru punya kesempatan untuk bisa baca sharing dari teman - teman pembaca blog aku.
Luar biasa semua kesaksian dari teman - teman dan juga luar biasa intersesi dari St. Antonius dari Padua.
Memang benar, doa yang didoakan dengan benar dan sepenuh hati.. sungguh besar kekuatannya.
Aku sungguh dikuatkan oleh sharing teman - teman, terima kasih banyak dan Tuhan memberkati!