Jumat

Menggoreng? Siapa Takut!!

Horeee..., sekarang aku udah bisa goreng tempe 'n tahu sendiri lho!!

Waktu pertama kalinya sih, aku coba goreng telur, dan agak sedikit gosong. hehehe...
Tapi, kemarin aku berhasil goreng tempe dan tahu tanpa gosong!
Cuma ada satu tempe yang mental dan jatuh ke lantai, gara-gara waktu aku mau pindahin tempe yang udah matang itu dari kuali ke saringan, aku pegang saringannya miring kekiri. alhasil tempenya terjun bebas deh ke lantai. Untung yang jatuh cuma satu. coba kalo semuanya, wah..., bisa batal deh kita makan malam. hehehe...

Dulu, aku paling takut sama minyak panas. Setiap mau coba menggoreng sesuatu, pasti aku udah ancang-ancang dari jarak tertentu buat melempar lauknya ke kuali, padahal, aku kan nggak bisa lihat dimana persisnya letak kuali tersebut. Yang ada, minyaknya jadi muncrat ke sana-sini.
Melihat tingkahku yang super konyol itu, akhirnya ko Wiria mengambil alih urusan goreng-menggoreng.
Aku mulai berpikir, gimana ya supaya aku berani dan bisa menggoreng sendiri...????

Akhirnya, aku diam-diam mencoba menggoreng lagi.
Dengan berbekal keberanian master cook, aku mencoba memasukan tempe dan tahunya itu perlahan-lahan. Pertama-tama aku pastikan dulu letak pinggiran kuali dengan ujung centong, setelah itu, aku mulai menaruh tempe dan tahu tersebut satu per satu dari pinggir kuali. Alhasil, tempe dan tahu itu menggelosor sendiri dengan manisnya ke tengah kuali, di mana sudah menanti minyak goreng yang bergolak.
Nah, sekarang, tinggal gimana caranya membalikan tempe dan tahunya, biar nggak gosong sebelah. Kan kasihan kalo ko Wiria harus makan tempe gosong lagi. hehehe...
Aku mengambil sendok atau garpu, dan kupegang di tangan sebelah kiri untuk meraba-raba di mana letak tempe dan tahunya, sementara tangan kanan tetap memegang centong. Dan saat membalik, sendok berfungsi untuk menahan, supaya tempenya nggak kabur ke mana-mana, sementara centong untuk membalik.

Ahha..., hidangan sudah siap...!!!
Waktunya menyicipi tempe dan tahu goreng buatan Rachel...!! :-D

3 komentar:

dhenmaz mengatakan...

wuihh...sudah pinter nggoreng to... ati-ati aja yo...eh, ngomong-ngomong suka bebek goreng ndak...coba kenapa gara-gara 1 huruf itu harga bebek goreng mahal...ayo, coba tebak dan pikir baik-baik...saya tunggu jawabanmu Rachel...

salam

Rachel mengatakan...

Halo Dhenmaz, aku tahu jawabannya!
soalnya ada huruf 'B' nya. Coba kalo ga ada huruf 'B', bayangin aja deh sendiri. hehehe...
Betul kan??
Tadi aku coba bikin pancake sampai tiga kali, gosong terus, kalo ga gosong, telurnya yang ga mateng. fiuuuhh..., capek deh...
Kenapa ya?
apa telurnya kebanyakan???
Besok aku coba lagi deh.
Oh ya, apa Dhenmaz bersedia cicipin pancake buatanku?
Masih ada tuh yang gosong tadi. hehehe...


Ciao!

Ummu Zahra mengatakan...

Mommy Glyn.., Berarti sekarang udah jago masak dong..., master chef tentunya.., kapan2 boleh kirim2 hasil masakan untuk makan siang di pabrik yaa..;))