Jumat

Apa Vampir Benar Ada?

Aku baru aja membaca buku yang berjudul :

"Cirque Du Freak" (Mimpi Buruk Menjadi Kenyataan) Karangan Darren Shan

Di dalam kata pengantarnya dibilang kalo semua kisah yang ditulis dalam buku ini adalah kisah nyata, sungguh-sungguh terjadi, bukan dongeng atau khayalan semata.

Buku ini bercerita tentang seorang anak yang menyaksikan pementasan sirkus orang-orang aneh di kotanya. Para pemainnya memang merupakan orang-orang aneh yang memiliki keunikan khusus, seperti Manusia serigala yang memiliki bulu disekujur tubuhnya, persis seperti serigala. manusia ular, yaitu anak kecil yang memiliki sisik di sekujur badannya, dan memelihara seekor ular besar yang melingkar di tubuhnya. laki-laki tertinggi sedunia, dan masih banyak lagi orang aneh lainnya. Dan Di antara orang-orang aneh itu terdapat si manusia laba-laba, nama laki-laki itu Mr Crepsly. Dia mementaskan seekor laba-laba beracun yang pandai beraksi.
Tapi, ternyata teman darren, namanya Steaf, yang saat itu ikut nonton bareng dia, mengetahui siapa sebenarnya Mr Crepsly. Karena kebetulan Darren dan Steaf memang penggemar film, buku atau komik horor, makanya Steaf terbelalak saat melihat wajah Mr Crepsly.
Setelah selesai pementasan, Steaf menemui Mr Crepsly, sementara Darren disuruh pulang. Tapi Darren bukannya pulang, malah menyelinap untuk melihat apa yang dilakukan Steaf. Ternyata Steaf berhasil menemui Mr Crepsly.
Dan, melalui pembicaraan itu, tahulah Darren bahwa Steaf pernah melihat wajah Mr Crepsly dari salah satu buku horornya yang mengatakan bahwa Mr Crepsly itu adalah Vampir. Steaf meminta Mr Crepsly supaya mengubah dirinya menjadi Vampir, tapi Mr Crepsly menolak. Steaf mencoba lagi dengan memohon agar dijadikan asistennya saja sampai dia cukup umur untuk menjadi vampir, tapi pada saat Mr Crepsly menghisap darah Steaf, dia tidak menyukainya, katanya Steaf itu anak jahat. Dan dia bilang kalo semua cerita-cerita dongeng tentang Vampir itu bohong. Vampir sebenarnya tidak jahat, dan dia benci terhadap anak-anak yang jahat.
Akhirnya Steaf pergi dengan sakit hati karena sudah ditolak, dan dengan ancaman akan menjadi pemburu Vampir.
Sementara itu, Darren menjadi ngeri mengetahui kalo temannya itu ternyata anak yang jahat dan ingin menjadi Vampir.
Karena Darren sangat menyukai laba-laba, akhirnya suatu hari, dia memberanikan diri untuk mencuri laba-laba milik Mr Crepsly, dan dia berhasil.
Tapi ternyata laba-laba itulah yang membawa Darren ke dalam hidup yang bagaikan mimpi buruk.
Laba-laba itu menggigit Steaf dan membuatnya lumpuh. mati nggak, hidup nggak.
Semua dokter nggak bisa memecahkan racun dalam tubuh Steaf. Akhirnya Darren kembali untuk menemui Mr Crepsly yang ternyata sudah menunggunya. Dia memohon agar Mr Crepsly menolong Steaf. Tapi Mr Crepsly meminta imbalan, yaitu Darren harus mau menjadi asistennya, kalau nggak, Steaf akan mati.
Akhirnya Darren menyetujuinya, dan Mr Crepsly mulai menghisap darah Darren dari ujung-ujung jarinya dan mengalirkan darahnya ke dalam tubuh Darren. Dia bilang kalo Darren hanya akan menjadi setengah Vampir, masih bisa terkena sinar matahari, tapi akan memiliki kekuatan khusus.
Pada malam hari, saat mereka pergi ke rumah sakit, tempat Steaf terbaring, dan setelah selesai mengobati Steaf dengan ramuan yang dibawa oleh Mr Crepsly, Darren kabur melewati lorong rumah sakit meninggalkan Mr Crepsly yang hanya tertawa sambil berkata kalo Darren bukan lagi manusia biasa dan dia pasti akan segera mencarinya dan kembali kepadanya.
Setelah kejadian itu, Darren berubah menjadi anak yang super kuat, larinya cepat sekali, dan saat melihat darah temannya yang terluka dia jadi lupa diri dan langsung menyedotnya, sampai dia sadar kalo dia sedang dikelilingi oleh teman-temannya yang menatapnya dengan bingung.
Selain itu, dia juga hampir membunuh adiknya sendiri, tapi keburu sadar saat melihat wajahnya dicermin yang tampak menyeramkan.
Akhirnya Darren memutuskan kalo dia nggak bisa lagi hidup berdekatan dengan keluarga ataupun teman-temannya, karena akan membahayakan mereka.
Dia kembali kepada Mr Crepsly yang memang sudah mengetahui akan kedatangannya.
Supaya keluarga Darren tidak lagi mencarinya, Mr Crepsly memberikan Darren cairan yang harus diminumnya, agar detak jantung dan paru-paru Darren tidak lagi dapat terditeksi karena menjadi sangat lemah, sehingga Darren bisa berpura-pura mati.
Setelah tubuh Darren menjadi kaku, Mr Crepsly mematahkan tulang leher darren dan menjatuhkan Darren dari jendela kamarnya. Melalui tahap itu, keluarga Darren dan para dokter menyatakan kalo Darren sudah mati dan menguburkannya.
Pada malam harinya, Mr Crepsly dateng untuk menggali kuburan Darren dan mengeluarkan Darren dari peti. Tapi ketika Mr Crepsly sedang menutup kembali kuburan itu dengan tanah, Darren pergi untuk melemaskan otot-ototnya yang baru pulih dari kaku. Tiba-tiba sebuah tangan menariknya dan mengancamnya dengan sebuah pancang yang akan menembus jantungnya. Ketika Darren bisa melihat wajah penculiknya, ternyata itu adalah Steaf. Steaf sudah curiga dan mengetahui kalo Darren sekarang adalah seorang Vampir, dan merasa dikhianati, karena seharusnya kan dia yang mau menjadi Vampir, tapi kenapa malah Darren yang merebut impiannya.
Darren sudah menceritakan yang sebenarnya kepada Steaf, kalo dia menjadi seperti ini pun untuk menyelamatkan nyawa Steaf, tapi Steaf tetap tidak percaya, dan dia pergi dengan sebuah ancaman, jika dia sudah besar nanti, dia akan memburu Darren dan membunuhnya.

Buku ini bersambung. Tapi dari kisah ini aja, aku jadi penasaran, apa benar ya Vampir itu nyata?

Orang aneh memang banyak di dunia ini, tapi apa Vampir juga ada?

Aku sih denger kalo buku Darren Shan ini bersambung sampe buku ke-7.
Dan nama Darren Shan sendiri dikatakan bukan nama sebenarnya.

Kalo di kisah Twilight sampai Eclips, Vampirnya kan guanteng abis, tapi di buku ini dibilang kalo wajah Mr Crepsly itu jelek dan ada cacat di pipi kirinya. Baunya juga nggak enak, seperti bau darah.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Gw mah ga keberatan klu ada yg kayak edward cullen. Iho?

berliana thiominar

Anonim mengatakan...

The Historian karangan Elizabeth Kostova juga bagus tuch. malahan disini menceritakan sejarah vampir sehingga pada akhirnya membuat kita berpikir apakah
vampir dulu bener2 ada dan masih hidup hingga sekarang.

rini

JIEM mengatakan...

W dah bca di web nya...

si penulis bilang, katanya cuma Fiksi aja ko...

ullylaahsapalagi,:D mengatakan...

aahh.parrah ni..gw jadi tertarikk ama vampire garagara twilight..huuhhh! sampe nge search gini..ckcckck,,,jadi?kesimpulanyh?ada ga si?

Gitch mengatakan...

Keren emang Darren Shan the Saga
hehe,,ni cerita tentang vampir terbaik sjauh ini :D menegangkan n dark tp kreatif karena agak berbeda dr kisah2 ttg vampir biasanya

Katanya Warner Bros lg bkin filmnya tuh.

Dwija Chan. . . mengatakan...

aduh jadi pengen baca deh!!! buku-buku yang agak klasik tu emang menarik ya. . .

amelrachma mengatakan...

gue juga udah baca buku the historian karya elizabeth kostova.. dan itu seru abis!! walau bukunya berat banget dan tebel abis haha

amel